Friday, March 19, 2010



Biasanya aku senang kalau ada murid yang aktif, antusias belajar, sopan dan hormat dengan guru, serta pandai menarik perhatian guru. Tapi, kalau terlalu berlebihan, siapa yang suka? Semua orang juga setuju kalau sesuatu yang berlebihan akan menjadi sangat memuakkan, menjemukan, mengerikan, bahkan dapat menghancurkan.
Di X-1 ada murid perempuan yang cantik, manis, mungil, pintar, dan sopan dengan guru. Oya, dia juga aktif, rajin, dan pandai mengatur kelas. Baiklah, I really love her. Kenapa? Karena pernah suatu saat dia absen pada pelajaran kimia karena menjadi salah satu wakil dari sekolah dalam entah acara apa. Lupa! Besoknya dia mendatangi aku dan minta penjelasan singkat tentang materi kemarin.
I was amazed! Bayangkan, ternyata ada juga murid SMAN 8 yang mau melakukan hal terpuji semacam itu. Pernah juga dia absen saat praktikum, lagi-lagi karena dikirim. Dia langsung meminta tugas. Hebat! Mana ada murid SMAN 8 yang berinisiatif meminta tugas. Harus dikejar-kejar dahulu,lalu ditagih sampai kita lupa. I really love this girl!
Sampai suatu saat... lama kelamaan aku sadar kalau dia agak kurang disukai kawannya. Ini menurut pengamatanku. Mudah-mudahan aku salah. Jadi, kemarin waktu X-1 belajar dengan molymod (senyawa karbon), aku meminta mereka merangkai senyawa apa saja dari molymod yang sudah aku bagikan. Mereka bekerja dalam kelompok. Aku minta mereka menunjukkan kepada teman, molymod yang mereka rangkai. Lalu, mereka harus menuliskan rumus strukturnya di whiteboard.
Tibalah giliran kelompok anak ini, dia lah yang maju, seperti biasanya. Dia menerangkan dengan baik sekali. Menjelaskan sampai detil. Kuperhatikan ekspresi kawannya sekelas seolah bosan, berkesah, banyak yang agak-agak buang muka juga. Ada yang tidur. Nggak sopan! Jadi, sepertinya mereka sudah sangat muak dengan sikap berlebihannya dia. Susah dijelaskan dalam kata-kata. Pokoknya, too show off!
Malamnya aku nonton Glee Season 1. Ada satu karakter di situ yang namanya Rachel (Lea Michele). Rachel memiliki suara yang range-nya jauh, jadi cocok untuk menyanyikan lagu apa saja. Kalau Glee Club konser atau mau ikut festival, Rachel selalu didaulat jadi vokalis utama. Dia pengatur, paling aktif, menjadi kesayangan William Schuester, pengelola Glee Club. Malangnya, teman-temannya agak membenci dia, meskipun tidak konfrontatif.
Yeah, karakter Rachel mengingatkan aku kepada muridku ini. Malangnya kau, Nak! I still love you though.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...