Tuesday, April 23, 2013

UN yang Tertunda

Jumat tanggal 12 April saya mulai gugu (gundah gulana). Bagaimana tidak, Senin tanggal 15 April mulai UN. Mengawas UN akan sangat membosankan tentu. Belum lagi sekolah tempat saya mengawas jauuuuhhh. Tahun ini, tidak seperti tahun sebelumnya, UN dimulai jam 7.30. Dulu-dulu jam 8. Sesuai POS, pengawas wajib hadir 45 menit sebelum UN dimulai. Well berarti dengan segala.perhitungan, saya berangkat dari rumah jam 6.20. Di Kaltim jam segitu masih gelap.

Sabtu saya tetap datang ke sekolah mesti tidak ada tujuan. Karena mengawas, saya jelas bukan panitia UN di sekolah. Saya lihat panitia kalang kabut menyiapkam segala rupa printilan untuk kelancaran ujian. Kepsek memberitahu bahwa soal belum tiba di Polres. Besok katanya (Minggu).

Sabtu malam ada SMS dari Wakasek bid. Kurikulum. SMS yang tak kalah konyolnya dengan SMS pemberitahuan kalau saya menang undian yg tak pernah saya ikuti. SMS terusan dari Kepsek. Isinya: "Pak . . . ini berita terheboh untuk nasional: 'Aslkm Yth seluruh dekan dan pengawas lapangan, ini sms dari Panitia Pusat Jkt : Ujian Nasional SMA digeser menjadi Rabu s/d Sabtu dengan catatan: Mapel Senin pindah ke Jumat dan Mapel Selasa pindah ke Sabtu, sedang Mapel Rabu dan Kamis tetap. Ini penyampaian resmi dari Ka. Balitbang atas persetujuan Mendikbud. ...' "

SMS malam minggu. Menjelang jam istirahat malam. Saya bilang : ah, hoax! Sampai akhirnya sms minggu pagi tanggal 14. Katanya sudah dipastikan UN diundur hari rabu, kamis, jumat, senin. Sabtu kosong. Yang bingung lagi, Senin Selasa ngapain? Siswa kelas X dan XI sdh dikabari libur. Singkatnya, Senin subuh jam 4 beredar SMS bahwa  guru diminta hadir di sekolah untuk berbincang dan berkoordinasi. Dari situ diputuskan wali kelas X dan XI diminta untuk mengabari siswa bahwa Selasa tetap hadir seperti biasa.

Senin itu ada kabar lagi kalau ada ralat dari Kemendiknas, UN dimulai Kamis. Jadi jadwalnya Kamis, Jumat, Senin, Selasa. Heran, kenapa tidak Senin-Kamis saja sekalian. Akhirnya tibalah hari Rabu (17/4). Soal masih belum ada. Sementara daerah lain kabarnya soalnya nyasar semua. Silaf mata kok parah.

Di TV ada news ticker: Mendiknas memastikan UN di Kaltim.diselenggarakan Kamis (18/4). Karena yg doi tahu soal sdh diberangkatkan ke Kaltim. Padahal sampai tengah malam soal belum sampai juga. Belum lagi didistribusikan ke kecamatan. Alhasil kami disuruh menunggu kabar kepastiannya sampai jam 00.00. Berasa new year's eve. Dan ditunda lagi ke Senin (22/4). Libur lagi!!!! Tapi Kamis kami tetap ke sekolah. Menghabiskan snack yang sudah terlanjur dipesan. Setelah pulang sekolah, ada kabar kalau UN dimajukan ke Jumat (19/4) dengan mapel Matematika. Habis lagi pulsa buat telpon/SMS. Untuk menceritakan penundaan UN saja sampai begini panjang. Kesimpulannya, berkali-kali ubah jadwal. Padahal kalau janji mau ulangan harian lantas diundur karena lupa bikin soal atau ulangan mendadak, pasti guru dimarahi siswa. Lha ini ujian nasional.


Published with Blogger-droid v2.0.4

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...